Sabtu, 09 September 2017

Sambel Pecel Madiun, Bumbu Khas yang Sangat Populer di Indonesia


Sambel pecel atau bumbu pecel pasti kamu sudah mengetahuinya, bumbu pecel ini sudah sangat populer di daerah-daerah lain di Indonesia. Bumbu pecel sangat enak saat dipadukan dengan nasi beserta lauk pauknya (seperti kulupan daun, mie dan ayam/ikan).Hampir disetiap daerah di luar Madiun ada warung makan yang menjual nasi pecel, nasi yang ditambahi sambel/bumbu pecel yang enak ini. Namun, pecel yang ada di Madiun benar-benar berbeda dari segi rasa  dan sensasinya. Saat saya berpergian ke luar kota, saya pasti menikmati kuliner yang ada di kota tersebut, contohnya adalah nasi pecel.. Enak sih.... Tetapi. tidak senikmat nasi pecel yang ada di Madiun. hhehehe....

Kalian pasti penasaran, bagaimana cara membuat bumbu pecel yang nikmat ini, bumbu pecel ini dibuat dengan bahan dasar kacang tanah dan cabai, namun untuk bumbu rahasianya dari setiap pembuat mempunyai rahasia tersendiri. Resep bumbu sambel pecel di Madiun banyak di dapat dari turun temurun  dari kakek dan nenek sejak dulu.

Beberapa bumbu pecel yang ada, ada yang dibuat dengan ditambahkan bumbu-bumbu rempah seperti jahe, kunyit dan gula aren. Oleh karena itulah sambel pecel khas Madiun memiliki sensasi dan rasa tersendiri di bandingkan daerah lainnya. Karena khas rasanya dan banyaknya pembuat bumbu sambel pecel, Madiun mendapat julukan sebagai kota pecel.

Saat kamu berkunjung ke Madiun, bumbu sambel pecel Madiun jangan sampai untuk terlewatkan. Bumbu sambel pecel ini banyak di jual di toko-toko oleh-oleh Madiun, biasanya di jual mulai Rp.25.000 per bungkusnya.

0 komentar:

Posting Komentar